Minggu, 08 November 2009

DOA JANGAN PERNAH DILALAIKAN

alhamdulilah, akhirnya ACC juga judul skripsiku.
sepekan kemarin (2-6 Nov) aku bener-bener sibuk ngurus judul skripsi.
gak pernah masak, duit cepet ludes, yah, pokoknya bener-bener perjuangan.
tapi akhirnya sampai di sini berhasil juga. mudah-mudahan ke depannya juga lancar.
aku masih ingat betul perkataan dosen TOEFL Readingku. beliau mengatakan bahwa doa yang paling mujarab adalah doa yang dibarengi dengan mendoakan orang lain (bukan keluarga). hem,, aku jadi inget akan doa-doa yang selama ini aku panjatkan. selama ini aku hanya berdoa untuk diriku sendiri. keluarga juga termasuk, tapi ga seintens doa buatku sendiri. semenjak itu, aku mulai berpikir dan sedikit mengamalkan apa yang dikatakan dosenku itu. aku meyakini bahwa diterimanya judul skripsi ini tak terlepas dari hal tersebut.
sebenarnya pengajuan jdul skripsiku tak semulus yang aku perkirakan sebelumnya.
pada hari senin aku datang ke juranku tercinta, PBS, untuk mengajukan 3 buah judul yaitu: keefektifan penggunaan teknik "digtogloss" dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa smp kelas vii, jenis kata dan penggunaannya dalam buku teks bahasa indonesia sekolah dasar kelas1, dan analisis sintaksis dan semantis terhadap judul berita dalam surat kabar berbahasa indonesia dan sumbangannya terhadap pembelajaran bahasa.
dari ketiga judul itu hanya satu yang dapat ditindaklanjuti, yaitu yang terakhir. alasan judul pertama tidak diterima karena sudah ada penelitian terhadapa kompetensi menyimak, kebetulan teman seperjuanganku, teknik yang ia pakai lebih kompleks. itu kata bu E, sekjur yang menggantikan bu N karena sedang sakit. ya, saya menerima alasan itu karena teknik digtoglos saya peroleh dari sumber yang kurang memadai. itu bukan judul andalanku. alasan judul kedua tidak diterima adalah buku teks yang aku teliti adalah untuk anak sd. menurut bu esti mungkin jika smp atau sma dapat diterima. owh begitu toh? saya sengaja mengajukan judul itu karena pada judul-judul skripsi kakak tingkat terdapat yang serupa hanya kajiannya berbeda. yah, mungkin beda dosen beda pendapat. itu wajar. dan saya pun menerimanya. judul yang ketiga adalah judul andalanku. sejak semester satu saya menyukai mata kuliah yang berhubungan dengan tata bahasa. bu esti menyuruhku mengkonsultasikan jdul terakhir dengan pak J atau pak S. kedua dosen itu tidak saya kenali. aku nego minta dengan pak T. ternyata pak t sedang sekolah. yasudah akhirnya dengan pak s yang kebetulan saat itu ada di jurusan. kata pak t judul itu bisa diteliti tetapi aku harus melakukan dua penelitian. pertama meneliti sintaksis dan semantis judul, setelah itu menerapkannya di sekolah. apakah efektif atau tidak.
busyet, aku kira jdul semacam itu hanya perlu mengkonsep pembelajaran bahsanya saja. ternyata harus menerapkan juga toh.
tak pikar tak pikir aku tidak sanggup nek gitu.
ahirnya, tiga judul yang sudah kupersiapkan rejected.
sepulang dari kampus hatiku lemah lunglai, pikiranku lemes,,sempet mau nagis tapi gak jadi.
awak ini dah tak wanti-wanti untuk menyiapkan mental. apapun yang terjadi harus bangkit.
akhirnya, secepat kilat aku buka laptopku. kubuka lagi draft-draft yang dulu pernah kubuuat.
paginya aku bisa ke jurusan lgi buat ngajuain 3 judul yang kubuat dalam waktu sehari.
oya, ni, proposalku yang prtama http://www.ziddu.com/download/7284283/menyimakdictogloss.rtf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar